7 Manfaat Pemanasan Olahraga dan Gerakan yang Tepat

Lagi Tren, Ini 7 Manfaat Olahraga Sepeda

Sebelum berolahraga, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah pemanasan, pemanasan olahraga sangat penting untuk mempersiapkan tubuh supaya tidak mengalami masalah seperti kram, kram saat berenang, misalnya, bisa berbahaya karena membatasi kemampuan bergerak.

Selain itu, pemanasan bertujuan mencegah terjadinya cedera pada otot akibat aktivitas berat yang mendadak, karena fungsinya yang sangat penting, pemanasan bukan hanya untuk atlet profesional, tetapi semua orang yang berolahraga, pemanasan perlu diterapkan sebelum melakukan olahraga apa pun, seperti berenang, sepakbola, atau bersepeda.

Lalu, apa saja jenis gerakan pemanasan saat berolahraga? Apa sebenarnya manfaat pemanasan sebelum olahraga? Yuk, simak informasi berikut ini.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Fenomena Olahraga Sepeda

Setelah melakukan gerakan pemanasan, tubuh biasanya akan lebih siap untuk melakukan aktivitas apapun, dengan demikian kamu pun dapat bergerak dengan mudah, termasuk ketika berolahraga, nah untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai manfaat pemanasan olahraga berikut ini.

  1. Mengurangi Ketegangan Otot

Otot tubuh yang tidak digerakkan dalam jangka waktu lama akan menjadi tegang dan kaku, jika langsung digunakan untuk beraktivitas, otot yang kaku bisa saja mengalami cedera atau kram, karena itu kamu perlu melakukan gerakan pemanasan selama beberapa menit terlebih dahulu, gerakan tersebut akan membantu membuat otot lebih relaks sehingga siap untuk beraktivitas.

  1. Menambah Fleksibilitas

Setelah melakukan gerakan pemanasan, otot biasanya akan dapat digerakkan dengan lentur dan leluasa, kegiatan olahraga pun dapat berjalan dengan lebih fleksibel dan lancar, apabila kamu sedang mengikuti sebuah kompetisi olahraga, pemanasan akan membantu kamu untuk lebih siap sekaligus lebih optimal dalam melakukan berbagai gerakan yang dibutuhkan, saat akan bermain basket misalnya, kamu akan melakukan gerakan melempar dan menangkap bola dengan lebih sempurna.

  1. Melancarkan Pernafasan dan Sirkulasi Darah

Gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga akan membuat pernafasan menjadi lebih lancar, oksigen mengalir ke seluruh bagian tubuh maupun sendi dan memenuhi kebutuhan dengan optimal, sirkulasi darah juga lebih lancar, hal ini akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya, kecukupan nutrisi sangat penting, terutama pada saat sedang beraktivitas sehari – hari dan berolahraga.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Salah satu manfaat pemanasan olahraga lainnya adalah memperbaiki postur tubuh, hal ini akan terwujud jika kamu melakukan pemanasan secara rutin sebelum berolahraga, membaiknya postur tubuh karena pemanasan disebabkan oleh manfaat gerakan ini dalam mencegah ketidakseimbangan otot, namun hasilnya baru akan terlihat jika kamu konsisten melakukan gerakan pemanasan.

  1. Meningkatkan Performa Olahraga

Pemanasan akan membantu otot dan sendi untuk lebih siap bergerak, apabila otot dan sendi telah siap, performa dalam melakukan kegiatan fisik akan lebih terjaga, tubuh juga dapat lebih menghemat tenaga pada saat menjalankan aktivitas olahraga yang berat, hal ini membuat kemampuan diri lebih baik dan optimal mencapai target.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Gerakan peregangan untuk pemanasan juga berguna untuk membuat kualitas tidur lebih meningkat, setelah melakukan gerakan ini, tubuh akan menjadi lebih rileks karena sirkulasi oksigen yang lancar, otot yang tegang, misalnya di area leher, akan menjadi rileks sehingga membuat kamu bisa tidur dengan nyenyak.

Gerakan Pemanasan Olahraga yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat pemanasan olahraga yang sangat penting, kamu tentu semakin yakin untuk melakukannya, nah apa saja gerakan pemanasan yang tepat dan mudah dilakukan?

  1. Stretching Ringan

Stretching atau peregangan merupakan salah satu gerakan pemanasan yang sederhana, stretching terdiri atas beberapa jenis gerakan, namun secara umum ada dua gerakan yang umum dilakukan, yaitu stretching statis dan stretching dinamis.

Stretching statis adalah melakukan gerakan tertentu dan menahannya selama 10 – 30 detik, sementara itu, stretching dinamis adalah melakukan gerakan tertentu secara berulang sebanyak 8 – 10 kali, contoh gerakan stretching adalah spinal rotations, yaitu gerakan memutar tubuh ke kiri dan ke kanan.

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki bisa menjadi gerakan pemanasan sebelum olahraga, sebelum berenang, misalnya, kamu bisa berjalan mengelilingi kolam renang dengan santai, waktunya tidak perlu lama, cukup sekitar 5 – 10 menit, begitu pula ketika ingin beraktivitas atau melakukan olahraga lain, berjalan kaki akan membuat otot lebih rileks sehingga siap untuk digerakkan.

  1. Lari di Tempat

Bentuk gerakan pemanasan lain adalah berlari di tempat, kegiatan pemanasan ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan pemanasan ringan tanpa harus ke mana – mana, sebelum bersepeda misalnya, kamu bisa melakukan stretching kemudian lari di tempat, gerakan kardio ini bisa melancarkan aliran darah, risiko nyeri otot pun bisa dikurangi.

  1. Jumping Jack

Jumping jack adalah gerakan melompat sambil membuka kaki dan menggerakkan tangan hingga ke atas kepala, gerakan ini bermanfaat untuk melatih kekuatan jantung, paru-paru, serta otot secara bersama – sama, selain itu jumping jack juga dapat meningkatkan temperatur dan kapasitas dalam aerobik. Karena itu, gerakan ini kerap dilakukan sebagai bentuk pemanasan olahraga.

  1. Squat Tanpa Beban

Kamu juga bisa melakukan squat tanpa beban untuk membuat tubuh lebih panas dan siap beraktivitas, squat adalah melakukan gerakan seperti duduk atau jongkok mendekati lantai kemudian kembali berdiri, gerakan ini bisa dilakukan tanpa beban atau dengan membawa beban di tangan, untuk tujuan pemanasan, squat sebaiknya tanpa beban.

  1. Plank

Plank bisa kamu lakukan sebagai pemanasan, cara melakukan plank adalah bertumpu pada tangan dan kaki, kemudian mengangkat badan dari lantai, ada beberapa variasi plank yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan, gerakan ini bisa menjadi salah satu bentuk pemanasan asal dilakukan dengan tepat dan tidak berlebihan.

Inilah ulasan mengenai manfaat dan berbagai gerakan pemanasan yang bisa dilakukan sebelum berolahraga, kamu bisa melakukannya di tempat dengan mudah,  gerakan – gerakan ini akan membuat manfaat olahraga menjadi optimal, tubuh pun terhindar dari risiko cedera, nah apakah kamu siap untuk berolahraga? Yuk, latih diri untuk melakukan kegiatan positif ini dari sekarang, Terima Kasih.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *