Musik 90an, ada Musik Favoritmu?

Musik Hits 90an 2

Generasi milenial sudah pasti tumbuh bersama dengan lagu – lagu era 90an yang dibanjiri beragam genre, saking banyaknya lagu keren pada era tersebut, sulit rasanya untuk menentukan mana 10 lagu terbaik, namun jika terpaksa harus memilih, daftar pendek versi Billboard berikut ini layak jadi referensi untuk mengisi playlist kamu.

Musik Hits 90an

1. How Do I Live – LeAnn Rimes

“How Do I Live” menjadi lagu ciptaan Diane Warren yang masuk dalam album kedua LeAnn Rimes bertajuk “You Light Up My Life: Inspirational Songs” pada tahun 1997, lagu berjudul serupa juga dinyanyikan oleh Trisha Yearwood untuk soundtrack film Con Air, di Amerika Serikat, versi Rimes memuncaki posisi nomor 2 tangga lagu selama lima minggu.

Berturut – turut di penghujung tahun 1997 hingga awal tahun 1998, termasuk menduduki top 5 Billboard Hot 100 selama 25 minggu, dalam Billboard’s All Time Top 100, “How Do I Live” versi Rimes menempati posisi ke-4 dan menjadi satu-satunya single top 10 yang tidak pernah duduk peringkat teratas.

2. Macarena – Los del Rio

Siapa yang tak kenal “Macarena”? Lagu dansa Spanyol ini dipopulerkan oleh Los del Rio dan masuk dalam album “A mi me gusta” (1993), namun baru tahun 1995 “Macarena” meledak di pasar musik internasional, termasuk Amerika Serikat, versi terbarunya memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100 pada tahun 1996 selama 14 minggu.

Lagu ini juga sempat dinyanyikan oleh Bayside Boys, Dalam Billboard All Time Top 100, “Macarena” menduduki posisi ke-8, sekaligus menjadi salah satu lagu Latin populer sepanjang masa.

3. Unbreak My Heart – Toni Braxton

Toni Braxton menyanyikan salah satu lagu patah hati populer di era 90an, “Unbreak My Heart” dalam album keduanya, “Secrets” yang dirilis tahun 1996, lagu ciptaan Diane Warren yang diproduseri David Foster ini sukses menyabet penghargaan Best Female Pop Vocal Performance dalam 39th Annual Grammy Awards 1997.

Album tersebut terjual hingga 10 juta copy di seluruh dunia yang menguatkan lagu ini sebagai single dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, ketika Billboard memperingati 40 tahun tangga lagu mereka tahun 1998, single Braxton dinyatakan sebagai lagu paling sukses yang dinyanyikan penyanyi solo dalam sejarah Billboard Hot 100.

4. Foolish Games – Jewel

Album debut Jewel bertajuk “Pieces of You” (1995) melahirkan salah satu single terbaiknya, yaitu “Foolish Games”, Lagu ini merupakan versi rekam ulang untuk diputar di radio dan lebih pendek satu bait daripada versi album, uniknya CD single ini tidak dirilis di Amerika Serikat.

Namun, versi rilis ulang “You Were Meant for Me” menyisipkan satu lagu ini di dalamnya, alih – alih tercatat sebagai “Foolish Games”, justru judul “You Were Meant for Me” yang masuk dalam tangga lagu Billboard, sempat masuk ke posisi 2 dan bertengger selama 41 minggu dalam tangga lagu, lagu ini pun masuk di Billboard All Time Top 100 di posisi ke-20.

5. (Everything I Do) I Do It For You – Bryan Adams

“(Everything I Do) I Do It for You” dinyanyikan oleh Bryan Adams dan terkenal sebagai soundtrack film “Robin Hood: Prince of Thieves” yang dirilis pada 1991, boleh dibilang lagu balada tersebut meraih sukses besar dalam tangga lagu internasional, antara lain mencapai posisi teratas tangga lagu di 19 negara berbeda.

Bahkan, di Inggris lagu itu memuncaki UK Singles Chart selama 16 minggu berturut – turut, sementara di Amerika Serikat, “(Everything I Do) I Do It For You” menduduki Billboard Hot 100 selama 7 minggu. Dengan penjualan menembus angka 15 juta copy di seluruh dunia, lagu legendaris ini menjadi single tersukses Adams hingga kini.

6. I’ll Make Love To You – Boyz II Men

“I’ll Make Love to You” merupakan satu dari sekian musik hits 90an milik Boyz II Men yang meledak di pasaran. Ditulis oleh Babyface, lagu ini menjadi single utama album kedua mereka yang dirilis tahun 1994.

Single andalan Boyz II Men tersebut menjadi lagu cinta favorit hingga sekarang, raihannya pada tangga lagu pun luar biasa, yaitu menduduki 14 minggu posisi puncak Billboard Hot 100. Tak heran jika lagu ini layak masuk daftar Billboard Greatest of All Time.

7. Too Close – Next

Dibandingkan lagu lainnya, boleh jadi lagu ini tidak begitu familier di telinga semua orang, kecuali kamu penggemar musik R&B, lagu “Too Close” dirilis tahun 1998 sebagai single kedua dari album debut grup R&B Amerika Serikat, Next.

Lagu ini merajai Billboard Hot 100 dan tangga lagu R&B pada masanya, dengan pencapaian tersebut, penjualan album “Rated Next” pun meraih platinum sekaligus membuatnya sebagai lagu hits Next paling populer.

8. One Sweet Day – Mariah Carey & Boyz II Men

Duet Mariah Carey dan Boyz II Men memang tidak main-main, kerja sama para bintang ini menghasilkan sebuah lagu indah yang melintasi zaman, “One Sweet Day”, dirilis tahun 1995, lagu ini menjadi single kedua album kelima Carey, “Daydream”.

Salah satu duet terbaik sepanjang masa tersebut mampu membawa “One Sweet Day” menduduki puncak Billboard Hot 100 selama 16 minggu, kemudian Carey dan Boyz II Men juga menyanyikan lagu tersebut secara langsung di ajang 38th Grammy Awards tahun 1996.

9. Truly Madly Deeply – Savage Garden

Dikenal sebagai duo pop Australia yang identik dengan lagu bertempo cepat, “Truly Madly Deeply” membawa kesan berbeda pada Savage Garden, single ketiga dari album debut mereka ini dirilis tahun 1997 dan berhasil menyabet ARIA Music Award untuk kategori Single of the Year dan Highest Selling Single.

Ditulis langsung oleh Darren Hayes dan Daniel Jones, berkat proses penggarapan yang jeli, Savage Garden mencetak salah satu musik hits Barat terbaik di era 90an, bahkan “Truly Madly Deeply” menduduki nomor satu di Kanada, Australia, dan Amerika Serikat, hingga masuk dalam rekaman terpilih National Film and Sound Archive Australia.

10 Candle In The Wind – Elton John

“Candle in the Wind 1997” memiliki judul lain “Goodbye England’s Rose” dan “Candle in the Wind ’97”, lagu ini ditulis Elton John and Bernie Taupin, lalu digarap ulang dari lagu berjudul serupa dari versi tahun 1973, penyematan ‘England’s Rose’ merujuk pada mendiang Putri Diana yang meninggal akibat kecelakaan pada akhir Agustus 1997.

Menurut Guinness Book of Records, lagu tersebut menjadi single kedua dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, selain menduduki peringkat pertama di UK Singles Chart, lagu ini juga memuncaki Billboard Hot 100 selama 14 minggu hingga meraih predikat Diamond di Amerika Serikat, itulah Musik Hits 90an Terbaik Versi Billboard, Mana Favoritmu?.

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *